Hamil | Ciri-ciri hamil | Tanda kehamilan


Hamil | Ciri-ciri hamil | Tanda kehamilan - ciri-ciri hamil dan tanda kehamilan pada wanita masih menjadi hal yang paling di pertanyakan,apalagi Kehamilan bagi pasangan yang sudah menikah merupakan hal yang ditunggu-tunggu. Bagi wanita yang pernah memiliki anak atau momongan tentu tidak asing lagi dengan tanda kehamilan pada dirinya. Wanita dengan tanda kehamilan pastilah merasakan banyak perubahan pada dirinya baik secara fisik maupun psikologis. Namun tidak semua wanita hamil mengalami hal yang sama saat mengandung bayinya. Beberapa wanita seringkali tidak sadar kalau dirinya tengah hamil. Hal ini tidak aneh, karena biasanya tanda hamil belum terlalu terlihat pada minggu-minggu awal kehamilan, baru setelah haid terlambat selama kurang lebih dua minggu, baru tanda hamil itu bisa dirasakan.

Ciri-ciri hamil pada Umumnya Sebagian besar wanita adalah mengalami ngidam, perut sakit, pusing, badan terasa lemah, dan sebagainya. Tanda kehamilan sering juga dikenali dengan sering bolak-balik ke rumah sakit karena badan yang lemah yang selama masa kehamilannya .Namun ada juga wanita hamil yang tidak merasakan tanda kehamilan seperti di atas, dia sangat menikmati kehamilannya tanpa harus tersiksa oleh kebanyakan yang dirasakan kaumnya. Banyak juga kaum wanita tanpa merasakan ciri-ciri hamil kecuali dengan adanya perubahan perut yang semakin membesar secara berkala dan berat badannya yang semakin bertambah.Yang utama sudah pasti tentu adalah haid yang tidak datang. Hal tersebut dikarenakan Sel telur telah dibuahi dan tidak akan keluar dari rahim dalam bentuk darah seperti biasanya wanita yang tidak hamil. Setelah itu, baru gejala kehamilan lainnya akan datang secara bersama-sama.Beberapa tanda hamil yang bisa dijadikan patokan kehamilan yaitu kelelahan yang seringkali mendera.
ciri hamil
Jika biasanya seorang wanita sangat aktif bergerak dan tiba-tiba merasakan kelelahan, bisa jadi dia sedang hamil. Hal ini akan semakin diperkuat dengan tanda yang lain berupa payudara yang menegang. Dua minggu setelah pembuahan, gejala kehamilan akan nampak pada payudara. Daerah aerola atau daerah kemerahan sekitar puting akan mulai membesar dan perubahannya tertangkap oleh mata. Masalah perut juga mulai datang pada ibu hamil. Mulai dari mual hingga perut kembung. Mual disini sudah tentu berbeda dengan mual biasa yang dihadapi pada pagi hari, saat mabuk laut ataupun mabuk kendaraan. Mual disini disertai dengan keinginan yang tidak bisa ditangguhkan untuk memakan satu jenis makanan. Makanan yang umum adalah rujak atau buah-buah lain yang mempunyai rasa asam untuk menetralisir rasa mual ini. Nah, inilah yang disebut ngidam, dimana seorang wanita menginginkan makanan tertentu dalam waktu singkat.

Hamil juga mempengaruhi proses yang terjadi dalam tubuh. Seorang wanita yang hamil akan mengalami peningkatan frekuensi kencing. Gejala ini terjadi pada awal kehamilan dan akan terulang pada akhir-akhir kehamilan yaitu pada trimester terakhir. Proses reproduksi juga terpengaruh, dimana akan ada noda-noda bercampur kekuningan yang keluar dari rahim dan menempel di celana dalam.Hal ini merupakan hasil dari perkembangan janin atau sel telur dalam dinding rahim. Semua gejala tersebut baru akan menjadi tanda hamil kalau diawali dengan terlambat haid. Jika tidak, maka semuanya hanyalah akibat dari proses metabolisme biasa semata, bukan gejala kehamilan.

Tanda kehamilan Secara umum dapat dibedakan menjadi tiga, yang pertama adalah tanda dugaan hamil, kedua tanda kemungkinan hamil, dan ketiga tanda pasti kehamilan.Untuk wanita dengan tanda kehamilan yang masih bersifat dugaan,biasanya wanita tersebut baru merasakan sesuatu yang berbeda pada tubuh atau perasaannya.Ciri-ciri hamil secara ilmiah dijelaskan sebagai berikut.

Tanda kehamilan yang pertama adalah Terlambat datang bulan atau amenorea, karena sel telur dibuahi oleh spermatozoid menjadi zigot yang disimpan dalam dinding rahim sehingga tidak luruh sebagai haid. Bagi wanita yang siklus haidnya lancar, tentu dia akan curiga bahwa dirinya mengalami tanda kehamilan. Tetapi dia tidak dapat memastikannya dugaan kebenaran ciri-ciri hamil tersebut kecuali setelah melakukan tes kehamilan atau memeriksakan diri ke dokter atau bidan.

Ciri-ciri hamil yang kedua adalah Secara psikologis dia mengalami ngidam yaitu mual, ingin muntah, pusing, lemas, ingin makan makanan tertentu atau melakukan sesuatu yang tidak lazim. Misalnya ingin buah yang sedang tidak musim, suka makan batu bata, ingin melihat suaminya berenang di sungai dan sebagainya. Secara medis tanda kehamilan ngidam ini dapat dijelaskan penyebabnya yaitu adanya benda asing dalam tubuh wanita (dalam hal ini disebabkan oleh cairan laki-laki yang membuahi sel telur menjadi zigot) sehingga tubuh bereaksi.

Ciri-ciri hamil Berikutnya adalah buah dada akan terasa sakit karena pada saat hamil kelenjar susu mulai berproduksi selain itu karena adanya perubahan peredaran darah. Pembuluh darah disekitarnya akan makin tampak jelas, bertambah padat, dan putingnya semakin menonjol keluar.

Tanda kehamilan yang ke empat adalah Hipersalivasi atau produksi air liur berlebih dalam bahasa jawa di katakan sebagai suka ngiler merupakan termasuk ciri-ciri hamil pada wanita.

Ciri-ciri hamil selanjutnya yang ke enam adalah Mengalami Pigmentasi, yaitu kulit pada bagian wajah, dada, dan perut semakin gelap. Tanda kehamilan tersebut disebabkan karena pengaruh perubahan hormon.Tanda kehamilan yang juga sering dialami wanita ialah adanya Gangguan pencernaan dan sembelit secara tak biasa.Bahkan banyak wanita hamil yang Sering buang air kecil karena kandung kemih tertekan oleh rahim.

Bertambahnya berat badan pada sebagian wanita merupakan tanda kehamilan juga,bahkan banyak juga yang mengalami pembesaran pada area hidung dan bibir.

Untuk dijadikan sebagai catatan penting bagi tanda kehamilan yang kedua yaitu tanda kemungkinan hamil. Ciri-ciri hamil ini lebih besar kemungkinan positifnya dan bisa dikatakan benar-benar hamil, diantaranya adalah:

1. Perubahan Perut yang semakin membesar karena berkembangnya janin dalam rahim wanita.

2. Sering terasa Adanya kontraksi atau pergerakan abnormal pada rahim saat diraba.

3. Sangat dianjurkan Melalui tes kehamilan dan telah menunjukkan reaksi positif.

Berikutnya,Wanita dengan Tanda kehamilan yang ketiga yaitu tanda pasti kehamilan atau pasti bunting diantaranya meliputi:

1. Melalui pemeriksaan dengan USG (ultrasonografi) dan pemeriksaan ini bisa dilakukan semenjak kandungan masih muda.Kelebihan metode dengan USG ini yaitu dapat melihat janin dalam kandungan dan rahim yang semakin membesar.

2. Dokter maupun kita orang awam bisa melakukan Pemeriksaan janin secara konvensional dengan cara merabanya, mendengarkan tanda-tanda detak jantung si calon bayi, dan merasakan pergerakannya.

3. Selanjutnya tanda kehamilan tersebut juga bisa dilakukan dengan melakukan Pemeriksaan menggunakan sinar rontgen untuk melihat kerangka janin. Sekedar diwaspadai,metode ini sudah sejak lama ditinggalkan karena berbahaya bagi wanita hamil dan bayinya.

Bagaimanapun,kehamilan merupakan tanda anugerah dari TUHAN YANG MAHA KUASA pada sebuah pasangan,hal yang sudah sepatutnya disyukuri karena di lain tempat masih banyak sekali pasangan yang kesulitan memiliki buah hati meskipun mereka tak lelah berusaha mencari penyebab sulit hamil pada diri mereka sendiri.

ciri-ciri hamil seperti uraian di atas sebagai penambah wawasan bagi kita semua, dan dengan mengetahui berbagai macam tanda kehamilan, diharapkan seorang wanita dapat segera mengetahui kepastian apakah dirinya hamil atau tidak. Semakin dini kehamilan pada wanita pasangan anda diketahui maka akan jauh semakin lebih baik.Langkah selanjutnya yaitu dengan melakukan perawatan kehamilan dan mengetahui Tips kehamilan secara baik dan benar sekaligus mencari informasi kehamilan yang tepat

1 comments:

Anonymous said...

terimakasihterimakasih

Post a Comment

 
Silahkan berlangganan yang terbaru via Facebook atau Twitter