10 Sumber Daya Energi Alam yang dapat diperbaharui

Sumber Daya Energi Alam yang dapat diperbaharui
10 Sumber Daya Energi Alam yang dapat diperbaharui

Energi merupakan kebutuhan yang tak terelakkan dalam kehidupan manusia, di mana energi tersebut dapat membuat perkembangan yang sangat pesat. Banyak sekali kontribusi alam dalam memproduksi energi ini tanpa merusak lingkungan sekitar. Hal ini disebut dengan sumber energi yang dapat diperbaharui dan sumber daya ini dapat mengurangi pencemaran udara, dalam skala besar baik di pedesaan maupun di perkotaan.

1. Generator Pasang Surut
Lunar Energy, sebuah perusahaan pertama di Inggris yang telah menggunakan generator ini dan mampu mengalirkan listrik ke ribuan rumah. Generator pasang surut bukanlah sebuah sumber tenaga yang populer, namun sumber energi ini memiliki potensi yang sangat besar untuk memberikan energi dalam jumlah yang cukup. Energi yang dihasilkan dari generator ini memanfaatkan pasang surut air laut, dan generator ini sangat ramah lingkungan. Ide ini berkembang dan memiliki prinsip yang sama seperti turbin angin, tetapi tidak menggunakan angin melainkan air laut dan hal tersebut dapat diprediksi tidak seperti angin dan matahari.

2. Mesin Bertenaga Ombak
Memprediksi arah angin laut dan ombak sangatlah sulit, tapi bukanlah hal yang mustahil. Mesin tenaga ombak adalah transportasi energi dari gelombang permukaan laut, dan penangkapan energi yang mampu memompa air laut menjadi tenaga listrik. Di Eropa, mesin ini telah diperkenalkan dan menggunakan mesin Floating Pelamis Wave Energy konverter (Pemompa Tenaga Ombak terapung). Mereka menggunakan perangkat yang dapat mengambang dan menghasilkan energi melalui gerakan meliuk-liuk, atau dengan gerakan mekanis dari gelombang laut tersebut. Kami telah mengembangkan teknologi ini sejak tahun 1890 dan mesin komersial yang pertama di dunia ini berada di Portugal, di Agu├žadora Wave Park, yang terdiri dari tiga mesin dengan daya 750 kilowatt.


3. Tenaga Matahari
Memproduksi listrik dengan memanfaatkan energi matahari dan photovoltaic (PV) disebut dengan Teknologi Solar. Sel surya menjadi lebih efisien, dapat diangkut dan sangat fleksibel, dan sangat mudah dalam penginstalasian.Pada tahun 1973, krisis minyak yang cepat merangsang peningkatan produksi PV selama awal 1970-an dan. Terus turunnya harga minyak selama awal 1980-an, menyebabkan penurunan dalam pendanaan untuk fotovoltaik R & D dan penghentian dari kredit pajak yang terkait dengan Undang-Undang Energi Pajak Tahun 1978. Faktor-faktor ini dikelola dan memiliki pertumbuhan sekitar 15% per tahun dari 1984 sampai 1996. Sejak pertengahan 1990-an, kepemimpinan di sektor PV telah bergeser dari AS ke Jepang dan Jerman.


4. Turbin Angin
Mesin bertenaga angin di bangun pada lahan pertanian atau daerah yang berlahan luas, merupakan salah satu sumber tenaga yang memiliki dampak polusi paling rendah bagi lingkungan. Turbin angin digunakan untuk mengubah energi angin menjadi energi listrik atau mekanik. Secara historis, energi angin telah digunakan sejak dulu untuk menggerakkan kapal layar atau di konversi menjadi energi mekanik untuk memompa air atau menggiling gandum, tapi kegunaan utama tenaga angin saat ini adalah untuk dijadikan sebagai pembangkit tenaga listrik. Spanyol, Portugal, Jerman, Irlandia, Eropa merupakan negara yang sedang gencar untuk memproduksi dan memanfaatkan alat tersebut. Sedangkan negara Amerika Serikat dan China menunda pembangunan proyek ini dikarenakan tingginya biaya konstruksi, dan juga proyek ini hanya bisa dimanfaatkan di tempat yang memiliki banyak angin seperti di lepas pantai.

5. Pembangkit Listrik Tenaga Air
Sumber daya tenaga ini merupakan yang paling umum digunakan. Gravitasi kekuatan air yang jatuh ke bawah adalah titik kunci dari pembangkit listrik tenaga air ini. Di daerah-daerah terpencil, sumber daya ini paling banyak digunakan di sungai dan memiliki efek pencemaran yang sangat sedikit. Proyek ini sering dibangun untuk menyediakan sejumlah besar tenaga listrik yang dibutuhkan untuk tanaman elektrolitik aluminium. Seperti di Suriname, Waduk Brokopondo dibangun untuk menyediakan listrik bagi industri aluminium Alcoa. Selandia Baru, Manapouri Power Station dibangun untuk memasok listrik ke perusahaan aluminium di Tiwai Point.

6. Energi Radient
99% dari biaya listrik normal dapat disimpan dengan menggunakan energi radiasi. Mempunyai fungsi yang hampir sama dengan energi listrik, tetapi berbeda dalam beberapa hal. Komunitas Methernitha di Swiss saat ini memiliki 5 atau 6 model mesin yang bekerja dengan menggunakan bahan bakar yang lebih sedikit, perangkat ini berjalan dengan energi sendiri. Nikola Tesla pemancar energi, T. Henry Moray's perangkat radiasi, Edwin Gray EMA motor mesin, dan Paul Baumann's Testatika energi radiasi mesin. Fraksinasi adalah metode pengumpulan energi alam dari lingkungan. Nikola Tesla adalah salah satu telepon nirkabel pertama yang dibangun didasarkan pada energi radiasi. Para resonansi dari pemancar dan penerima perangkat itu disetel ke frekuensi yang sama, yang memungkinkan mereka untuk berkomunikasi.


7. Tenaga Listrik Panas Bumi
Energi Ekstrak Daya Panas Bumi didapat melalui proses alami yang memberikan panas ke salah satu unit mesin tunggal yang menghasilkan energi melalui pembangkit listrik tenaga panas bumi, sangat efektif, handal dan ramah lingkungan. Mesin terbesar pembangkit listrik tenaga panas bumi di dunia berlokasi di Geyser, lahan panas bumi di California, Amerika Serikat. Sebagian besar biaya listrik termasuk pengeboran tidak memerlukan bahan bakar sedikitpun. Saat ini ada 24 negara yang memanfaatkan teknologi ini dan sedang dipertimbangkan lokasi potensial yang akan dipakai.


8. Biomassa
Kehidupan biologis baru-baru ini menjadi sebuah bahan yang dapat digunakan sebagai bahan bakar oleh industri dan dapat diklasifikasikan sebagai biomassa. Phon mati, cabang, kliping halaman, woodchips bio-fuel, limbah biodegradable, berbagai jenis tanaman termasuk miskantus, rumput switch, rami, jagung, poplar, willow, sorgum, tebu, dan berbagai jenis pohon, mulai dari kayu putih sampai minyak kelapa (minyak sawit), semua dapat dikategorikan sebagai biomassa. Jenis tanaman mempengaruhi proses, walaupun proses akhir kurang lebih sama. Industri ini berkembang, mengurangi ketergantungan pada minyak lebih dari satu juta barel per tahun, dan dengan daur ulang tebu dan limbah kayu, dapat mengurangi ruang TPA pada masyarakat perkotaan. 0,5 persen pasokan listrik di Amerika Serikat berasal dari perusahaan pembangkit listrik biomassa.


9. Kompresor Gas Alam
Jika Anda ingin pengganti bahan bakar fosil seperti bensin, solar, atau propana, Kompresor Gas Alam adalah solusi untuk Anda. Bahan bakar ini sangat bersih dan aman untuk digunakan, dan jika bocor akan mudah di difusi ke lingkungan sekitar. Namun, pembakarannya dapat menyebabkan efek gas rumah kaca. CNG tradisional digunakan dalam mesin pembakaran mobil yang telah dikonversi menjadi bahan bakar kendaraan-bi (bensin / CNG). Alternatif ini semakin dikenal dan dipakai secara luas di Eropa dan Amerika Selatan, mengingat tingginya harga bahan bakar bensin di negara tersebut.Banyak kendaraan yang telah menggunakan bahan bakar ini, mengingat tingginya harga bahan bakar bensin dan juga tingginya pencemaran di lingkungan sekitar.


10. Tenaga Nuklir
Fisi nuklir digunakan untuk mengekstrak energi yang dapat digunakan dari inti atom melalui reaksi nuklir yang terkontrol. Manfaat dari reaktor dapat digunakan untuk menghasilkan uap yang kemudian diubah menjadi energi mekanik yang bertujuan untuk menghasilkan listrik atau propulsi. Beberapa orang mengatakan bahwa tenaga nuklir mengurangi emisi karbon dan meningkatkan keamanan energi dengan mengurangi ketergantungan pada minyak asing sementara yang lain berpendapat bahwa tenaga nuklir merupakan sumber energi yang berpotensi berbahaya. Banyak perdebatan yang terjadi mengenai penggunaan fungsinya meskipun pada tahun 2007, 14% dari listrik dunia berasal dari tenaga nuklir, Amerika Serikat, Perancis dan Jepang memainkan peran utama dalam hal ini. Perancis memproses ulang limbah nuklir untuk mengurangi massa dan membuat lebih banyak energi. Pengolahan dapat berpotensi untuk memulihkan sampai dengan 95% dari sisa uranium dan plutonium dalam bahan bakar nuklir bekas, dan dapat dicampurkan kedalam bahan bakar oksida baru.

0 comments:

Post a Comment

 
Silahkan berlangganan yang terbaru via Facebook atau Twitter