10 Fakta Tentang Buta Warna

10 Fakta Tentang Buta Warna


Pengertian Buta Warna,Jenis-jenis & Klarifikasi Buta Warna, Trikromasi, Dikromasi, Monokromasi, Penyebab Buta Warna, Fakta-fakta tentang Buta Warna


1. Pengertian Buta Warna

Ok kita mulai aja yah sekarang gan .. kata orang tak kenal maka tak sayang . sekarang gw kasi nih gan , pengertian Buta warna. Apa sih Buta warna itu ?

Buta warna adalah suatu kelainan yang disebabkan ketidakmampuan sel-sel kerucut mata untuk menangkap suatu spektrum warna tertentu akibat faktor genetis

Genetis . iyah gan , jadi Buta Warna itu disebabkan karena faktor genetis dari orang tua yang salah satu atau mungkin kedua'nya menderita Buta Warna juga.

jadi warna yang dilihat cuman hitam putih ? NAH ! trit ini dibuat untuk menambah wawasan agan dan untuk mengkoreksi kesalahan pemikiran ini gan .

kebanyakan orang termasuk agan yang baca , pasti berpikir bahwa 'Dunia' penderita Buta Warna itu hanya ada dua warna membosankan , yaitu hitam dah putih . sekali lagi ane tekankan ini salah ! karena ternyata penderita Buta warna berbeda jenisnya (ada juga kok penderita buta warna yang bisa melihat warna diluar hitam putih) . untuk tahu lebih lanjut gan , cek Bagian 2 dibawah ini.

2. Jenis-jenis & Klarifikasi Buta Warna

Setelah udah kenal dan udah sayang sama Buta warna , sekarang kita lanjut ke level berikutnya , yaitu jenis2 & klarifikasi buta warna:

1. Trikromasi

Yaitu mata mengalami perubahan tingkat sensitivitas warna dari satu atau lebih sel kerucut pada retina. Jenis buta warna inilah yang sering dialami oleh orang-orang. Ada tiga klasifikasi turunan pada trikomasi:
Protanomali, seorang buta warna lemah mengenal merah
Deuteromali, warna hijau akan sulit dikenali oleh penderita
Trinomali (low blue), kondisi di mana warna biru sulit dikenali penderita.

2. Dikromasi

Yaitu keadaan ketika satu dari tiga sel kerucut tidak ada. Ada tiga klasifikasi turunan:
Protanopia, sel kerucut warna merah tidak ada sehingga tingkat kecerahan warna merah atau perpaduannya kurang
Deuteranopia, retina tidak memiliki sel kerucut yang peka terhadap warna hijau
Tritanopia, sel kerucut warna biru tidak ditemukan.


3. Monokromasi
Nah mungkin Buta Warna Monokromasi yang paling terkenal gan ....

Monokromasi sebenarnya sering dianggap sebagai buta warna oleh orang umum. Kondisi ini ditandai dengan retina mata mengalami kerusakan total dalam merespon warna. Hanya warna hitam dan putih yang mampu diterima retina (tapi ini jarang banget gan , kemungkinanya kecil)

3. Penyebab Buta Warna

Buta warna adalah kondisi yang diturunkan secara genetik. Dibawa oleh kromosom X pada perempuan, buta warna diturunkan kepada anak-anaknya. Ketika seseorang mengalami buta warna, mata mereka tidak mampu menghasilkan keseluruhan pigmen yang dibutuhkan untuk mata berfungsi dengan normal.

4. Fakta-fakta tentang Buta Warna

Mulai bosen gan dengan Topiknya ? upsss , jgn tinggalin dulu Trit ini gan , ada sedikit fakta yang mau ane beberin ke agan , dijamin ga membosankan gan .. nambah pengetahuan secara cepat ... DIbaca yah gan

1.Buta warna lebih sering terjadi pada seseorang berjenis kelamin lelaki dibandingkan perempuan. Sebanyak 99% seorang buta warna tidak mampu membedakan antara warna hijau dan merah. Juga ditemukan kasus penderita yang tak bisa mengenali perbedaan antara warna merah dan hijau.

2.Cacat mata ini merupakan kelainan genetik yang diturunkan oleh ayah atau ibu.

5. Belum dapat dipastikan berkaitan jumlah penderita, akan tetapi sebuah penelitian menyebutkan sebesar 8 -12% lelaki Eropa adalah pengidap buta warna. Sementara persentase perempuan Eropa yang buta warna adalah 0,5 -1%. Tingkat buta warna di benua lain tentu bervariasi.

4. Tidak ada cara untuk mengobati buta warna, karena ia bukan penyakit melainkan cacat mata. Bisa jadi seorang buta warna akan merasa tersiksa dengan keadaan ini. Sebagian perusahaan menetapkan syarat bahwa
pekerjanya harus tidak buta warna.

5. Untuk mengetahui apakah seseorang menderita buta warna, dilakukan tes dengan menggunakan plat bernama Ishihara akan dibahas di Bagian 4

6. Banteng ternyata buta warna. Kesan yang ditimbulkan warna merah mengakibatkan binatang tersebut melonjak emosinya, bukan akibat warna merah itu sendiri.

7. Pada Perang Dunia II, serdadu yang buta warna dikirim untuk melakukan misi tertentu. Ketidakmampuan mereka untuk melihat warna hijau dialihfungsikan untuk mendeteksi adanya kamuflase yang dilakukan pihak lawan.

8. Artis terkenal yang buta warna diantaranya adalah

Mark Twain,Paul Newman,Meat Loaf, Bing Cosby, Bob Dole.(masih banyak lagi)

9. Setiap orang yang buta warna terlahir buta warna (dari umur 0 tahun udah buta warna)

10. Penyandang buta warna selalu dihantui oleh pertanyaan "Warna apakah ini?"


Pengertian Buta Warna,Jenis-jenis & Klarifikasi Buta Warna, Trikromasi, Dikromasi, Monokromasi, Penyebab Buta Warna, Fakta-fakta tentang Buta Warna

0 comments:

Post a Comment

 
Silahkan berlangganan yang terbaru via Facebook atau Twitter